Senin, 09 Agustus 2010

Studio dan Perkantoran

Pedoman Radio Lokal: STUDIO DAN PERKANTORAN
Berapakah jumlah orang yang akan bekerja di stasiun radio anda? Itu pertimbangan yang paling penting dibandingkan yang lain untuk menentukan luas ruangan yang diperlukan. Persyaratan minimum peralatan yang diperlukan bagi stasiun dengan daya rendah dapat ditampung dalam satu ruangan. Studio On Air harus dipisahkan dari kegiatan-kegiatan stasiun radio yang lain kecuali kalau semua materi siaran dapat dilakukan dengan direkam terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kegiatan studio yang lain tidak mengganggu konsentrasi pelaku siaran yang sedang on air dan agar suara-suara berisik kegiatan yang lain tidak masuk kedalam mikrofon studio on air tersebut. (Perkecualian: beberapa stasiun radio menempatkan mikrofon studio on air di ruangan berita dengan tujuan untuk menangkap suara kesibukan dikantor untuk memberikan nuansa kekinian berita pada siaran berita mereka.)

Disamping itu, sebaiknya pemancar hanya dapat didekati dan ditangani oleh staf teknis saja. Memang sebaiknya pemancar, apabila tidak terletak di lokasi berbeda, dipisahkan dari studio on air dan dari staf non-teknis. Ruangan yang tidak berisik untuk keperluan penyiapan materi yang sudah direkam terlebih dulu juga diperlukan.

STUDIO ON-AIR
Studio on-air harus diusahakan untuk tidak terpengaruh dengan suara dan getaran yang ditimbulkan oleh pembuatan program. Lebih baik mencari lokasi yang tenang dari pada merenovasi ruangan yang bising dengan bahan kedap suara.
Apabila studio berbentuk segi empat maka tidak boleh terdapat bidang dinding atau lantai studio yang mempunyai perbandingan panjang dan lebar 1 : 1 atau 2 : 1 sebab kalau hal ini terjadi maka akan menimbulkan suara gaung. Gaung umumnya tidak menjadi masalah di ruangan-ruangan yang berbentuk tidak teratur. Untuk membuat studio yang berakustik baik diperlukan banyak pembenahan ruangan yang seringkali meliputi pembuatan dinding non-paralel yang secara fisik tidak langsung berhubungan dengan dinding ruang-ruang bersebelahan sehingga studio tersebut akan berupa ruangan di dalam ruangan yang terpisah dari suara yang disalurkan melalui kontak dengan bagian ruangan lain stasiun radio tersebut. Cara yang lebih mudah untuk membuat ruang kedap suara adalah dengan melapisi dinding dengan bahan bertekstur yang lunak seperti gabus, karpet atau tirai. Lantai sebaiknya berkarpet.

2 komentar:

  1. Artikelnya bagus.. saya mau sharing soal bahan peredam suara yang bagus, dibandingkan bahan peredam lain yang 8x lebih tebal dan gampang cara penggunaanya..

    coba kunjungi http://www.vokuz.com

    mereka juga menyediakan jasa design home theater/studio dan berbagai ruangan

    sekedar sharing saja karena saya merupakan salah satu customernya

    BalasHapus
  2. Tq Atas kunjungannya n infonya

    BalasHapus

Komentar Via Facebook

Esbiwan Multimedia : Electronic Service, Perancangan FM Transmitter, Computer Maintenance, Warnet. Alamat : Blok Cicadas RT 09/20 Kel Dangdeur Subang. Telp. (0260) 413809, 08179267319